Uncategorized

Kepiting Lunak

Kepiting Lunak – Pengenalan

Kepiting lunak atau yang sering disebut sebagai kepiting soka merupakan salah satu jenis kepiting bakau yang pada prosesnya melalui proses budidaya secara khusus. Proses khusus yang dimaksudkan yaitu penghentian proses ganti kulit (molting). Proses ganti kulit sejatinya merupakan proses pembentukan kulit yang keras dari lunak. Namun, karena prosesnya dihentikan, kulit yang tadinya mau menjadi keras tidak jadi. Jadilah kepiting soka yang sering juga disebut kepiting kulit lunak (soft shell crab) atau kepiting bakau lunak.

Selain rasa kepiting yang tentunya lezat, kepiting lunak juga dapat digunakan untuk kegiatan rehabilitasi pantai dari abrasi (erosi oleh air laut). Budidaya kepiting dapat menjaga agar pantai tidak mudah terkikis air laut sehingga tetap lestari. Alasan di balik itu yaitu karena adanya hutan bakau (mangrove) yang menjadi bahan makanan kepiting soka. 

Hutan mangrove sendiri selain sebagai penghalang erosi, juga untuk pengolah limbah organik dan tempat habitat berbagai jenis hewan. Selain itu, hutan mangrove juga merupakan penghasil kayu dan memiliki potensi okuturisme.  

Budidaya Kepiting Lunak di Indonesia

Kepiting lunak dikembangkan di banyak provinsi di Indonesia. Hal ini dikarenakan menurut data Bakosurtanal, seluruh provinsi di Indonesia ada hutan bakau. Hal ini merupakan sebuah karunia yang patut disyukuri karena berarti, kepiting soka sangat feasible untuk dikembangkan di Indonesia. Walau demikian, banyaknya hutan mangrove yang dalam kondisi rusak merupakan kelemahan yang harus diwaspadai, seperti misalnya di provinsi Bengkulu. 

Budidaya kepiting lunak di Indonesia juga sudah mulai tersebar di lokasi-lokasi seperti Banda Aceh, Makasar, Bali, dan Nusa Tenggara. 

Kepiting lunak merupakan salah satu jenis kepiting yang paling populer di Indonesia maupun di mancanegara. Rasanya setelah dimasak sangatlah enak, apalagi jika dimasak dengan bumbu asam manis ataupun pedas.

Namun banyak orang mengeluh kepiting soka cukup susah untuk dimakan dan harganya cukup mahal karena bagian yang dapat dimakan hanyalah sebagian dari seluruh berat kepiting. Hal ini dikarenakan kepiting jenis ini dilindungi kerangka yang keras dari kitin dan memiliki capit. 

kepiting soka
kepiting lunak

Kepiting dapat ditangkap dari samudra dan ada juga kepiting air tawar yang dibudidayakan di darat. 

Kepiting soka sendiri adalah suatu sebutan kepiting yang memiliki kulit dan cangkang yang lunak. Hal ini dikarenakan kepiting ini sedang mengalami pergantian kulit, cangkang, dan kaki. 

Mengapa Orang Menggemari Kepiting ini?

Alasan mengapa kepiting jenis ini banyak digemari masyarakat karena seluruh bagian dari kepiting ini dapat dimakan dengan rasa yang lezat. Banyak restoran dan hotel bintang lima serta eksportir mencari supplier seafood yang sanggup men-supply kepiting ini.  Hal ini membuat harga jual kepiting yang berkualitas nomor satu ini sangatlah tinggi. 

Hal lain yang menyebabkan kepiting ini sulit dibudidayakan yaitu pemilihan lokasi pengembangbiakan kepiting ini yang cukup sulit. Kita harus memilih lokasi dengan salinitas 15-35 ppt, temperatur 24-32 derajat, dan syarat-syarat yang lain. Ketersediaan bibit kepiting jenis ini juga sangat terbatas, serta harus diawasi setiap saat karena masa pergantian kulit sangatlah cepat. 

Teknik Memasak Kepiting yang Digemari di Indonesia

Ada banyak cara memasak kepiting soka yang digemari seperti misalnya kepiting saus tiram, saus telur asin, saus padang, dan kepiting asam manis. Bahkan di sebuah website populer Indonesia, dijelaskan secara sangat jelas dan praktis bagaimana cara membuat kepiting yang kita masak terasa gurih dan manis.  

kepiting saus tiram pedas
kepiting saus tiram pedas

Masalah yang sering dihadapi saat kita memasak kepiting yaitu bau dan aroma yang agak amis yang dikeluarkan oleh kepiting. Ada beberapa tips yang dapat diambil untuk mengurangi atau menghilangkan bau amis tersebut, di antaranya dengan memilih kepiting yang segar dari supplier terbaik, membersihkan kepiting dengan sikat kecil dan membuang kotorannya, merebus kepiting dengan berbagai rempah seperti jahe atau jeruk nipis, serta memperhatikan waktu merebus selama 15-20 menit saja.

Waktu merebus yang terlalu lama justru akan menurunkan kualitas dari kepiting itu karena itu akan membuat daging kepiting menjadi keras dan rasa manisnya akan berkurang. Jika waktu perebusannya sangat pendek, dikawatirkan akan masih ada kotoran dan bakteri yang belum mati. 

Dimana Mencari Supplier Kepiting Lunak Terbaik?

Kami dari SeafoodSupplierIndonesia.com sangatlah berpengalaman dalam membudidayakan kepiting dan juga budidaya seafood lainnya seperti udang vaname. Kami sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dari pertambakan seafood, distribusi dan logistik yang sangat aman dan baik, serta packaging dari seafood yang aman dan sanggup menjaga kesegaran dari seafood ini.

Logistik adalah salah satu kunci distribusi seafood yang baik. Sistem logistik yang baik adalah dengan menggunakan cold storage yang dinyalakan 24 jam sehari dan juga dengan truk yang dilengkapi freezer. Kesegaran kepiting lunak ini juga dapat dipantau dengan cara pengaturan masa panen yang optimal. 

kepiting soka
kepiting soka

Untuk membeli kepiting lunak ini, anda dapat menghubungi kami di WA 081315476062. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat